headlines

Memahami Teknologi Blockchain. Pentingnya dan Dampaknya.

Bank Digital • 24 Februari 2023

Apakah Anda seorang penggemar Blockchain? Ingin mendapatkan pengetahuan mendalam tentangnya? Panduan ini akan membantu Anda memahami semua tentang teknologi ini, manfaatnya, dan cara kerjanya. Jadi mari kita mulai.

Blockchain: Dalam Kata-Kata Paling Sederhana

Blockchain adalah teknologi buku besar terdistribusi terdesentralisasi peer-to-peer yang membuat catatan aset digital apa pun transparan dan tidak dapat diubah dan berfungsi tanpa melibatkan perantara pihak ketiga mana pun. Ini adalah teknologi baru dan revolusioner yang menarik banyak perhatian publik karena kemampuannya untuk mengurangi risiko dan penipuan secara terukur.

Sekarang inilah pertanyaan mengapa Blockchain merupakan jaringan P2P terdistribusi dan terdesentralisasi? Jaringan terdesentralisasi menawarkan banyak manfaat dibandingkan jaringan terpusat tradisional, termasuk peningkatan keandalan dan privasi sistem. Selain itu, jaringan seperti itu jauh lebih mudah untuk diukur dan ditangani tanpa titik kegagalan yang nyata. Alasan mengapa Blockchain didistribusikan adalah karena komunikasi bersama dan pemrosesan terdistribusi.

Arsitektur P2P dari Blockchains memberikan beberapa keuntungan, seperti keamanan yang lebih besar dibandingkan dengan jaringan berbasis klien-server tradisional. Jaringan P2P terdistribusi, dipasangkan dengan persyaratan konsensus mayoritas, memberikan Blockchain tingkat resistensi yang relatif tinggi terhadap aktivitas berbahaya.

Bitcoin dan Blockchain: Bagaimana Hubungannya?

Meskipun munculnya Blockchain telah menggemparkan dunia, banyak orang masih bingung dengan kedua istilah ini. Karena itu, penting untuk memahami bagaimana istilah-istilah ini berbeda dan bagaimana mereka saling terkait.

Bitcoin adalah cryptocurrency, yang merupakan aplikasi dari Blockchain, sedangkan Blockchain hanyalah teknologi dasar di balik Bitcoin yang diimplementasikan melalui berbagai saluran.

Manfaat menggunakan Teknologi Blockchain

Kami telah belajar banyak tentang teknologi Blockchain . Sekarang mari kita jelajahi apa manfaatnya.

Kekekalan

Dalam basis data tradisional, Anda harus memercayai administrator sistem bahwa dia tidak akan mengubah data. Tetapi dengan Blockchain, tidak ada kemungkinan mengubah data atau mengubah data; data yang ada di dalam Blockchain bersifat permanen; seseorang tidak dapat menghapus atau membatalkannya.

Transparansi

Sistem terpusat tidak transparan, sedangkan Blockchain (sistem terdesentralisasi) menawarkan transparansi lengkap. Dengan memanfaatkan teknologi blockchain, organisasi dan perusahaan dapat menggunakan jaringan terdesentralisasi lengkap di mana tidak diperlukan otoritas terpusat, sehingga meningkatkan transparansi seluruh sistem.

Ketersediaan Tinggi

Tidak seperti sistem terpusat, Blockchain adalah sistem jaringan P2P terdesentralisasi yang sangat tersedia karena sifatnya yang terdesentralisasi. Karena di jaringan Blockchain, setiap orang berada di jaringan P2P, dan setiap orang memiliki komputer yang sedang berjalan, oleh karena itu, meskipun satu rekan mati, rekan lainnya masih berfungsi.

Keamanan Tinggi

Ini adalah manfaat utama lain yang ditawarkan Blockchain. Teknologi diasumsikan menawarkan keamanan yang tinggi karena semua transaksi Blockchain aman secara kriptografis dan memberikan integritas. Jadi, alih-alih mengandalkan pihak ketiga, Anda harus menaruh kepercayaan Anda pada algoritme kriptografi.

Pro dan Kontra Blockchain

Untuk semua kerumitannya, potensi blockchain sebagai bentuk pencatatan yang terdesentralisasi hampir tanpa batas. Dari privasi pengguna yang lebih besar dan keamanan yang ditingkatkan hingga biaya pemrosesan yang lebih rendah dan kesalahan yang lebih sedikit, teknologi blockchain mungkin melihat aplikasi di luar yang diuraikan di atas. Tetapi ada juga beberapa kelemahannya.

Pro

  • Akurasi yang ditingkatkan dengan menghilangkan keterlibatan manusia dalam verifikasi
  • Pengurangan biaya dengan menghilangkan verifikasi pihak ketiga
  • Desentralisasi membuat lebih sulit untuk mengutak-atik
  • Transaksi aman, pribadi, dan efisien
  • Teknologi transparan
  • Memberikan alternatif perbankan dan cara untuk mengamankan informasi pribadi bagi warga negara dengan pemerintahan yang tidak stabil atau terbelakang

Kontra

  • Biaya teknologi yang signifikan terkait dengan penambangan cryptocurrency
  • Transaksi rendah per detik
  • Riwayat penggunaan dalam aktivitas terlarang, seperti di web gelap
  • Peraturan bervariasi berdasarkan yurisdiksi dan tetap tidak pasti
  • Keterbatasan penyimpanan data

Teknologi Blockchain akan berdampak pada sektor teknologi dan IT di tahun-tahun mendatang, mirip dengan apa yang dilakukan internet pada dunia di tahun 90-an. Dengan demikian, blockchain akan semakin ditingkatkan di bidang teknologi dengan lebih banyak aplikasi dan variasi bidang dan industri.