headlines

MDAC: Persyaratan baru saat pergi ke Malaysia 2024

Kehidupan di perantauan5 Maret 2024

Malaysia menjadi salah satu tujuan wisata favorit tidak hanya dari Indonesia tetapi negara lain di dunia. Diperkirakan Malaysia menerima 29 juta wisatawan dari seluruh dunia dan 3,1 juta diantaranya berasal dari Indonesia.

Jadi penting untuk mengetahui persyaratan terkini ketika Anda memiliki rencana pergi ke Malaysia. Pastikan untuk mendapatkan update terkini karena sering terjadi perubahan dalam peraturan Turis Malaysia .

Artikel ini akan membahas persyaratan terbaru dan batasan perjalanan lainnya

Persyaratan Dokumen Perjalanan saat bepergian di Malaysia.

Mirip dengan negara lain, Malaysia menerapkan kontrol ketika orang asing memasuki perbatasan negaranya. Harapkan petugas imigrasi untuk memeriksa dokumen-dokumen di bawah ini.

  1. Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan.
  2. Visa. Mayoritas negara-negara Asean menikmati visa gratis selama 1 bulan. Untuk status negara lain kunjungi situs web Imigrasi Malaysia .
  3. Tiket pulang pergi, bukti booking hotel dengan bukti dana mencukupi.
  4. Penyelesaian kartu digital MDAC. Kami menyarankan agar ini diselesaikan beberapa hari sebelum penerbangan Anda.

Apa itu MDAC?

MDAC atau Malaysian Digital Arrival Card adalah kartu kedatangan digital yang dirancang untuk diisi oleh orang asing secara online sebelum bepergian ke Malaysia. Digitalisasi kartu kedatangan merupakan salah satu kebijakan imigrasi Malaysia dalam meningkatkan layanan dan memastikan rencana liberalisasi visa bagi negara-negara yang memenuhi syarat untuk mendapatkan hibah visa 30 hari. Ini juga membantu dalam penyelesaian Imigrasi lebih cepat.

Tata cara pengisian kartu digital cukup mudah. Kunjungi situs web MDAC Malaysia dan lengkapi Informasi pribadi dan Perjalanan, lalu kirimkan. Usahakan selesai makan minimal 3 hari sebelum tiba di Malaysia. Selain itu, status kelayakan e-gate juga tersedia di situs.

Adakah pengecualian untuk MDAC?

Mayoritas orang asing harus mengisi MDAC kecuali kelompok di bawah ini.

  • Warga negara Singapura
  • Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas
  • Penduduk Permanen Malaysia dan pemegang Pass Jangka Panjang
  • Pemegang Sertifikat Identitas Umum (GCI) Brunei
  • Pemegang Fasilitas frequent traveller Brunei Malaysia
  • Pemegang Tiket Perbatasan Thailand
  • Pemegang Dokumen Perjalanan Lintas Batas Negara (PLB) Indonesia
     

Pengecualian lainnya?

Efektif 1 Desember 2023, warga negara Tiongkok dan India akan diberikan pembebasan visa selama 30 hari untuk memasuki Malaysia, dengan ketentuan :

  • Mengadakan penerbangan kembali/lanjutan yang telah dikonfirmasi.
  • Memegang reservasi hotel yang telah dikonfirmasi.


Status vaksinasi Covid bukan lagi sebuah keharusan. Asuransi pribadi juga tidak diperlukan tetapi sangat dianjurkan. Penumpang dapat memilih untuk memakai masker untuk perlindungan pribadi, namun masker yang dilengkapi dengan katup pernafasan atau pernafasan tidak diperbolehkan untuk digunakan di dalam kabin.

Semoga informasi ini membantu rencana perjalanan Anda ke Malaysia

Fun fact tentang Adaremit. Paling competitive untuk exchange rate rupiah ke ringgit. Cek adaremit website untuk buktinya!

Mau kirim uang ke Malaysia dari Indonesia dengan cara yang mudah, aman dan murah? Pakai Adaremit saja. Maksimalkan penukaran uang rupiah ke ringgit serta fees yang murah. Pakai adaremit sekarang!