headlines

Apa Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Belajar Di Luar Negeri

Beasiswa, Mahasiswa • 15 Juli 2022

Berkelana ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikan Anda adalah kesempatan yang berharga, ini adalah petualangan dan kesempatan untuk membenamkan diri dalam pengetahuan dan budaya. Namun, keputusan untuk menghabiskan empat tahun atau lebih dalam hidup Anda di negara yang berbeda bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng dan ada banyak hal yang harus dipikirkan sebelum memesan tiket pesawat itu.

Berikut adalah empat hal untuk diteliti dan dipertimbangkan saat Anda mempersiapkan diri untuk belajar di luar negeri:

IELTS

Sistem Pengujian Bahasa Inggris Internasional (IELTS) adalah wajib, yang berarti Anda harus mengambilnya dan lulus standar yang ditetapkan oleh universitas yang Anda minati. Anda akan dinilai berdasarkan keterampilan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara untuk membuktikan bahwa Anda cukup mahir berbahasa Inggris untuk mengikuti kursus. Sebagian besar universitas di Inggris mengharuskan Anda untuk mencapai skor pita antara 5,5 dan 7, tetapi pastikan untuk mengonfirmasi angka pastinya sebelum mengikuti tes.

Bahasa inggris akademis

Ini sangat berbeda dengan penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan atau bahasa yang Anda dengar di film. Bahasa Inggris Akademik lebih formal dan memiliki aturan yang sangat spesifik untuk menulis esai, menganalisis berbagai teks dan membuat laporan lab, antara lain. Sangat disarankan agar Anda mengambil kursus Bahasa Inggris Akademik atau menelitinya secara mendalam untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi tuntutan universitas.

Lokasi

Lokasi universitas Anda dapat membuat semua perbedaan dalam pengalaman sehari-hari Anda di luar negeri. Jika terletak di pedesaan, Anda mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda di kota kecil dengan pilihan toko dan tempat hiburan terbatas, yang tutup cukup pagi sekitar pukul 6 sore. Di kota-kota besar, toko tetap buka nanti dan Anda akan memiliki lebih banyak pilihan restoran yang menyajikan makanan dari seluruh dunia. Namun, biaya hidup di sini juga jauh lebih tinggi. Jadi, pertimbangkan opsi ini dengan hati-hati untuk memutuskan bagaimana Anda bersedia menghabiskan hari-hari Anda saat tidak di kelas.

Pengaturan hidup

Pengaturan hidup Anda mungkin bergantung pada keuangan Anda, tetapi Anda masih memiliki beberapa pilihan tentang masalah tersebut. Anda dapat memilih untuk tinggal di kampus dengan teman sekamar yang ditugaskan, tinggal sendiri di apartemen, atau menyewa rumah dengan sekelompok orang. Tapi apa pun yang Anda pilih, itu akan mengharuskan Anda untuk melakukan tugas Anda sendiri. Tidak seperti di Indonesia, memiliki pembantu rumah tangga jarang terjadi di Inggris, jadi bersiaplah untuk mencuci pakaian sendiri, merapikan tempat tidur sendiri, dan memasak makanan sendiri.

Di atas segalanya, lihatlah kesempatan untuk belajar di luar negeri ini sebagai pengalaman sekali seumur hidup yang akan membantu membentuk diri Anda sebagai pribadi, pelajar, dan profesional. Kami berharap Anda sukses dalam studi Anda!