headlines

Apa Itu International Bank Account Number (IBAN)?

Bank • 31 Agustus 2021

Dalam dunia keuangan atau finansial, terutama perbankan, ada berbagai kode yang sebaiknya dimengerti oleh nasabahnya. Beberapa kode diantaranya adalah SWIFT dan IBAN. Selain memahami kode SWIFT, Anda juga sebaiknya mencari tahu apa itu IBAN dan fungsinya dalam dunia finansial. Kalau Anda akan melakukan transaksi keuangan secara internasional, Anda harus benar-benar memahami IBAN dan penggunaannya. Transaksi internasional melibatkan lebih dari sekadar nama bank dan nama serta nomor rekening penerima.

Apa Itu IBAN yang Ada dalam Dunia Finansial Internasional?

SWIFT dan IBAN sama-sama merupakan suatu kode yang sangat penting dan dibutuhkan untuk melakukan transaksi antar negara. Kode-kode unik tersebut akan mempermudah transaksi yang bersifat internasional, serta menghindari kesalahan yang bisa terjadi dalam suatu transaksi keuangan. IBAN atau International Bank Account Number merupakan kode yang tujuannya untuk mengidentifikasi suatu akun milik individu yang digunakan dalam melakukan berbagai transaksi finansial secara internasional. Biasanya, IBAN digunakan dalam transaksi dengan bank di Eropa. Kode IBAN mempunyai 22 hingga 30 digit yang terdiri dari angka dan huruf. Dua huruf di bagian awal merupakan kode negara tujuan. Angka-angka berikutnya adalah kode khusus yang diikuti oleh kode bank, kemudian kode kantor cabang, lalu terakhir nomor rekening tujuan atau penerima.

Sejarah Singkat Munculnya IBAN

Awalnya, IBAN diciptakan dengan tujuan utama memfasilitasi berbagai pembayaran elektronik yang terjadi antar bank yang ada di semua Zona Euro. Tapi saat ini, IBAN sudah berkembang ke berbagai negara lainnya, meskipun belum semua bank dan wilayah menggunakan IBAN. Beberapa negara di Asia, Australia, serta Amerika Utara tidak menggunakan kode IBAN ini untuk melakukan transfer uang ke dalam negeri. Negara-negara tersebut menggunakan IBAN hanya untuk melakukan transfer atau pembayaran ke beberapa negara yang sudah menggunakan IBAN. IBAN bisa meningkatkan verifikasi dan mengurangi kesalahan pada saat pembayaran lintas batas dilakukan. IBAN juga bisa mengurangi penolakan pembayaran dan penundaan transfer.

Perbedaan Antara IBAN dan SWIFT

IBAN dan SWIFT sangat berbeda, meskipun keduanya sama-sama menyediakan fasilitas transfer dana yang aman secara internasional. Apa saja perbedaan antara IBAN dengan SWIFT? Berikut ini perbandingan antara IBAN dengan SWIFT yang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu:
IBAN SWIFT
Berfungsi untuk mengidentifikasikan rekening perorangan atau individu yang melakukan transaksi finansial secara internasional. Berfungsi untuk mengidentifikasikan suatu bank yang terlibat dalam transaksi finansial secara internasional.
Bentuk kodenya berupa rangkaian huruf serta angka, berjumlah 22 hingga 30 digit. Bentuk kodenya berupa rangkaian huruf saja dengan jumlah digit antara 8 hingga 11 digit.
Ruang lingkupnya internasional, tetapi berfokus pada berbagai negara yang ada di Eropa. Ruang lingkup internasional dan digunakan di semua negara yang menjadi anggota SWIFT.
Perbedaan utama yang dimiliki oleh kedua kode tersebut ada pada bagian informasi yang nantinya akan disampaikan oleh kode unik yang tersusun. Dua kode keuangan tersebut mempunyai peranan yang sangat penting untuk membantu kelancaran proses finansial secara internasional. IBAN tidak menggantikan nomor rekening bank penerima. Kode IBAN berperan untuk menyediakan informasi ekstra atau tambahan yang bisa membantu proses pengidentifikasian pembayaran atau transfer ke negara lain. Berikut ini beberapa contoh IBAN beberapa negara di Eropa:
Negara di Eropa Kode IBAN
Albania AL47-2121-1009-0000-0002-3569-8741
Siprus CY17-0020-0128-0000-00122-0052-7600
Kuwait KW81-CBKU-0000-0000-0000-1234-5601-01
Luksemburg LU28-0019-4006-4475-0000
Norwegia NO93-8601-1117-947
Anda juga bisa mengetahui tentang apa itu IBAN secara lengkap dan jelas dari situs web resmi IBAN. Di situs web tersebut juga tersedia mesin pengecekan IBAN dan daftar negara yang mempunyai kode IBAN. Lakukan pengecekan sebelum mengirimkan dana ke rekening lain dari negara di Eropa. Kanada dan AS masih belum menggunakan IBAN. Tapi kedua negara besar tersebut mengenali IBAN dan memproses transaksi keuangan sesuai dengan IBAN yang digunakan. Untuk transfer dana ke negara selain Eropa, kode IBAN biasanya tidak dibutuhkan, cukup menggunakan kode SWIFT saja. Tidak seperti IBAN yang tidak harus digunakan, kode SWIFT harus disertakan setiap kali Anda melakukan transfer uang ke negara lain.

Transaksi Keuangan Lebih Mudah dengan Adaremit

Setelah mengetahui berbagai detail, termasuk apa itu IBAN dan pentingnya IBAN dalam dunia keuangan, Anda mungkin merasa bahwa transaksi keuangan antar negara sangat rumit. Padahal saat ini transaksi keuangan antar negara sangat mudah dan praktis untuk dilakukan, berkat Adaremit. Untuk melakukan transfer uang ke negara lain, Anda bisa mengunjungi situs web resmi Adaremit. Daftarkan akun Anda untuk bisa melakukan transfer uang dari Indonesia ke negara lain dengan mudah dan transparan. Anda juga bisa mendapatkan info kurs terkini di Adaremit. Biaya transaksi atau transfer yang perlu dibayarkan juga akan langsung bisa dilihat di bagian awal sebelum Anda melakukan transfer. Semuanya terbuka, tidak ada rahasia, tapi keamanannya terjamin.